#DConanFamily On Sunday, August 2, 2015

Moshi-moshi, minna-san!

Kimitachi no niichan desu~
  
Tanpa basa-basi kali ini Niichan mau bicara sedikit soal “Lomba Fanfic DCF”. Sebelumnya gomen kalo event ini sangat dadakan, dan gak semua anggota DCFam dapet infonya. Dan ujung-ujungnya juga ada beberapa yang gak bisa ikutan dengan berbagai macam alasan.
 

Karena ini event pertama setelah DCFam vakum dalam waktu yang lama, jadi dimaafkan deh! Next event, beneran wajib ikut semua yaa~

Oke, to the point aja. Post kali ini adalah curhatan Niichan selaku pembuat lomba. Berisi beberapa keterangan yang mungkin beberapa di antara kalian belum tau. Jadi, demi memuaskan rasa ingin tahu kalian lah post ini dibuat.

Oke, ini pertanyaan utama nih pasti. “Jurinya siapa aja, sih?” Nah, gini gaes. Untuk lomba kali ini Niichan emang minta tolong beberapa oknum yang tidak menjadi peserta lomba untuk bantu penilaian. Soalnya kalo Niichan sendirian nilainya, bisa-bisa dianggep memihak. Beberapa oknum itu adalah;

Judge 2, Judge 3, Judge 4, Judge 5, Judge 6, dan Judge 7 (yang baru direkrut sehari sebelum pengumuman demi mengisi beberapa ‘gap’ diantara kubu juri cewek dan cowok). Niichan sendiri juga juri loh~ Yep! Judge ichi desu~ /slapped

Iya, walaupun juri tapi Niichan juga ikutan lomba. Karena itu nilai ‘murni’ Niichan terpaksa dibagi 2, jadi setengahnya. Keputusan itu dianggap cukup adil sama juri lain, jadi no further protest yak~

Penilaian bukan sekedar baca terus kasih nilai gitu loh~ kami para juri juga berdebat sengit. Yang dinilai itu gak cuma satu atau dua poin, tapi beberapa poin. Dan poin-poin itu dirangkum jadi 1 nilai. Kurang lebih poin-poin yang dinilai itu; inti cerita, ide cerita, logika dalam cerita, ke-IC-an karakter, gaya dan bahasa penulisan, dsb.

 Jadi kalian gak bisa main tuduh jurinya ngebias loh, ya~ Soalnya kita nilai gak cuma “duh ini fanfic bagus, nilai tinggi deh” padahal ternyata fanficnya nyeplak langsung dari light novel. Heuh.

Karena itu lah beberapa juri direkrut. Karena setidaknya kalo 2 juri lain ada yang gak tau anime tertentu, juri lain bisa membantu. Atau beberapa juri gatau kalo fanfic tertentu setengahnya cuma modal translet doang, ada beberapa yang tau dan ngasih nilai di bawah juri lain. Well, selera orang untungnya beda-beda, kan? Heuheuheuheu.

Untuk kategori “Best Idea” dan “Best IC” itu, kategori tambahan dari salah satu penyumbang hadiah. Yaitu tante kita, Miwako Satou~ Eh, sekarang udah jadi Miwako Takagi, ya? Fufufu. “Best Idea” dipilih berdasarkan ke-originalitas-an ide, dan masih masuk akal. Sementara itu, “Best IC” (IC = In Character) dipilih berdasarkan kemiripan karakter dalam fanfic dengan karakter aslinya di manga atau anime, dalam hal sifat dan perilaku. 

“Best Entertaint” adalah kategori yang sengaja Niichan tambahin, untuk fanfic yang berhasil jadi penghibur para juri saat dibaca. Penilaiannya cuma 1 poin, fanfic yang bisa buat para juri merasa terhibur.

Udah semua kan, ya?

Oh, iya! “Additional Prizes” itu khusus buat beberapa peserta yang mengumpulkan fanfic tepat waktu. Jadi gini ceritanya.. Karena ini event pertama setelah vakum, ada beberapa, eh BANYAK orang yang males. SUPER MALES. Saking malesnya, mereka masih laha-lehe pas udah deket deadline. Dan beberapa di antara mereka bahkan minta deadline pengumpulan fanfic dimundurin. WTF.

Tapi demi kelancaran event kali ini, Niichan dan Judges terpaksa setuju. Daripada cuma 3 biji yang ngumpulin, kan? Nah, peserta yang mengumpulkan fanfic sebelum perubahan deadline ini lah yang mendapatkan “Additional Prizes”.

Gimana, gimana? Sudah cukup jelas, kah?

Oh, satu lagi! Beberapa fanfic pemenang bakal dipajang di sini, loh~ Selain itu juga bakal di post di akun ffn (fanfiction<dot>net) khusus DCFam! Iya, DCFam punya akun resmi di ffn! Ehehehe~
Hmm.. Kayaknya kali ini cukup sekian, sampai jumpa nanti malam! Ada apa nanti malam? Pengumuman Lomba Fanfic DCFam, dong, pastinyaa~~

Stay awesome, gaes!
Salam silver bullet,

-Niichan-

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments